Pages

Wednesday, August 26, 2015

Kejahatan Yang sering terjadi dalam usaha Perhotelan dan penginapan sejenis



  1. Pencurian oleh tamu.
Ada banyak type kejahatan atau pelanggaran hukum yang kerap terjadi, pencurian adalah salah satu yang paling sering terjadi diusaha perhotelan maupun akomodasi sejenis lainnya. Belakangan ini diKota Samarinda, rekan-rekan pengurus Hotel mengalami kasus pencurian TV dikamar, kasus ini terjadi diberbagai tempat penginapan dan hotel, bahkan ada satu tempat penginapan dimana kejadian terjadi lebih dari sekali. Modusnya, si tamu check in meminta kamar tertentu, membawa barang bawaannya layaknya tamu pada umumnya, beberapa saat kemudia, si tamu keluar dengan berbagai alas an seperti mau ke laundry sebentar atau mau melakukan kunjungan bisnis dengan menitipkan kunci seperti biasa, sebenarnya tamu tersebut membawa barang keluar dari kamar, namun rata-rata untuk kasus yang terjadi, pihak resepsionis ataupun karyawan yang melihat tidak menanyakan barang apa yg dibawa tamu dari kamar, sehingga tamu tersebut dengan leluasa keluar tanpa pemeriksaan. Lenyaplah TV lcd 32 inch. Waspadalah !!
Pada prinsipnya setiap tamu masuk anda wajib peduli, menerapkan peraturan dengan semestinya seperti menanyakan KTP tamu, konfirmasi no HP tamu apabila perlu lakukan sms selamat dating pada no yang diberikan, mengecek apakah tamu membawa pasangan atau teman dan menanyakan identitas si teman juga, karena hal itu masih relative wajar mengingat perlunya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Pastikan tamu anda jelas alamatnya dan tujuannya dengan menyuruhnya mengisi form yang anda siapkan. Dan sampaikan setiap kali keluar kamar dan hotel agar menitipkan kunci kamar pada resepsionis untuk mengontrol keluar masuknya kamar tersebut.
Pengecekan juga bisa dibantu oleh bagian housekeeping yang membersihkan kamar, buat kondisi ini sedisiplin mungkin dengan selalu menggerakan bagian atau staff yang ada.
Ingat, tamu anda adalah orang luar yang membayar sejumlah uang untuk kamarnya saja, bukan memiliki isi kamarnya juga, karenanya anda juga harus peduli dengan situasi yang mungkin bisa merugikan anda dengan cara menerapkan peraturan-peraturan yang win-win solution dan tidak merugikan kedua belah pihak. 
  1. Judi & Narkoba.
Menjadikan kamar hotel sebagai tempat judi dan narkoba sering dilakukan tamu , mereka yang merasa tidak aman di rumah atau tempat mereka tinggal biasanya memanfaatkan kamar hotel dan biasanya juga menggunakan kamar yang berbeda-beda setiap kali check in.
Mereka melakukan kegiatan ini secara diam-diam tanpa diketahui manajemen hotel. Apa yang mereka lakukan adalah pelanggaran hokum yang tidak perlu anda lindungi ataupun tutupi jika suatu saat ketahuan oleh tim anda. Anda bisa melaporkan kejadian ini dengan pihak berwajib dengan permintaan khusus misalnya tanpa diketahui bahwa andalah yang melaporkan.
Selain itu buatlah peraturan pada saat tamu check in yang bisa dibaca setiap tamu mengenai pelarangan tentang hal ini, dan intinya anda meminta atau melarang menggunakan kamar untuk sesuatu yang melanggar hokum seperti judi dan penggunaan narkoba.
  1. Pencurian oleh karyawan.
Karyawan adalah asset, tanpa karyawan, hotel ataupun penginapan kita tidak akan bisa berjalan. Dari karyawan kita bisa mendapatkan hasil yang terbaik yang kita harapkan dari property kita, karena itu carilah atau pilihlah karyawan yang benar-benar bisa dipercaya dan jujur juga terampil dalam pekerjaannya.
Memilih karyawan merupakan seni dalam mencari sumber daya manusia ( sdm ), adakalanya property kita semakin maju ketika kita memilih karyawan dengan tepat namun ada juga sebaliknya.
Namun bagaimana jika karyawan kita melakukan pelanggaran hukum seperti mencuri? Ayng jelas jangan terburu-buru melakukan pengambilan keputusan, penyebab kejadia tersebut haruslah jelas karena biar bagaimanapun seorang karyawan memiliki jasa kepada kita sehingga memperlakukan kejadian ini termasuk kejadian luar biasa dimana kebijakan yang kita buat harus benar dan bijaksana karena suatu kejadian terjadi ada dasar sebab akibatnya.
Serahkan permasalahan pada tim security anda untuk membuat berita acar dengan sejelasnya, untuk itu setiap security harus memiliki kemampuan membuat berita acara dan melakukan introgasi standart kepolisian. Pelajari berita acara pemeriksaan tersebut dengan seksama, lakukan pertemuan dengan security anda untuk mendapat masukan mengenai keputusan yang anda ambil. Selanjutnya apabila yakin baru buatlah keputusan secara bijaksana, apakah karyawan dimaafkan dan dimutasi ke posisi lain atau diPHK.
Tetap ucapkan terima kasih atas jasanya selama ini, karena hal ini dapat membantu dia untuk bisa intropeksi diri menjadi lebih baik. Kondisi ini juga berlaku bagi manager anda, dan untuk itu anda juga bisa mengikuti asuransi yang pernah saya tulis pada halaman lain blog ini.
  1. Perselingkuhan.
Hotel kerapkali dijadikan tempat berzina dan perselingkuhan, kelakuan ini dilakukan oleh tamu yang memang bertujuan untuk itu, tindakan tersebut merupakan juga tindakan melawan hukum seperti judi dan narkoba.
Untuk situasi seperti ini, sama halnya pada narkoba dan judi, buatlah peraturan yang dapat dilihat atau dibaca oleh tamu pada saat check in, secara norma, anda sudah berusaha mengingatkan orang lain untuk tidak melakukan tindakan melawan hukum dengan menggunakan property anda untuk tindakan tersebut, dan anda tidak bertanggung jawab jika kegiatan tamu tersebut berurusan dengan hukum.

  1. Perusakan barang/asset/pecah belah oleh tamu.
Adakalanya dalam operasional, seorang tamu memecahkan atau merusak asset yang kita miliki baik disengaja ataupun tidak. Tindakan yang berakibat rusaknya asset kita karena tamu tetap masuk dalam kategori umum mengenai lalai atau kurang hati-hati akan sesuatu, apa pun barangnya baik itu tanaman, pecahbelah, barang elektronik, pagar tanaman diluar, pintu dan lain sebagainya.
Lantas apakah yang harus anda lakukan? Pertama buat bukti dengan memphoto barang-barang yang rusak dan pastikan tidak bisa digunakan lagi, anda juga bisa membuat berita acara dengan mengintrogasi saksi saja dalam hal ini karyawan yang melihat kejadian. Ajukan permintaan penggantian dengan mengajukan bill sesuai dengan harga penggantian kepada tamu.
Tamu bisa langsung membayar tunai ataupun charge to room. Barang yang rusak bisa disimpan atau serahkan kepada tamu jika diminta.
Demikian.

Tuesday, August 25, 2015

Mendirikan usaha Guest House



Adalah tempat akomodasi dimana pemiliknya juga tinggal ditempat yang sama atau paling tidak lingkungan yang sama. Tujuannya adalah agar tuan rumah bisa mengontrol keperluan tamu-tamunya.
Saat ini guest house lebih kearah komersil dimana pemanfaatannya untuk tamu mengarah pada kualiatan pelayanan hotel. Guest house juga ada yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, spa, restaurant 24 jam, room service, ruang meeting, lift tamu, dan pelayanan seperti pada hotel bintang. Guest house secara bisnis menjadi saingan usaha perhotelan.
Interior kamar guest house sebaiknya dibuat senyaman dan secantik mungkin, anda bisa menjadi tatanan kamar Hotel sebagai referensi baik interior maupun pernak pernik lainnya.
Tujuannya tentu untuk membuat tamu merasa betah dan puas menginap di guest house kita.
Lantas bagaimana bentuk bangunan guest house sebaiknya? Tidak ada aturan dalam hal tersebut, bangunan bisa merupakan bangunan tersendiri, baik dengan bentuk yang naik keatas atau bertingkat dan atau melebar mengikuti bentuk tanah yang anda miliki. Lengkapi bangunan dengan kamar-kamar dengan interior yang terbaik, kantor dengan untuk penerima tamu, kantor operasional dan accounting, gudang, restaurant dan dapur, laundry/ruang cuci, kantor manager, parker, lift tamu untuk bangunan bertingkat dan fasilitas   tambahan lain seperti ruang meeting, bisnis center.
Jadikan pelayanan 24 jam dan buat system pemasaran yang kreatif dan menarik.
Demikian dan mungkin saja diperlukan kami bisa menjadi bagian tim diskusi anda yang ingin membangun bisnis guest house.

Bisnis Rumah Sewa Harian Sendiri



Memiliki rumah atau property tak terpakai kadang membuat kita kepikiran, dan bangunan yang terpakai atau tidak ada penghuninya akan menjadi tidak terawat dan rusak, kusam, kotor. Menyewakan bangunan tersebut pada pihak lain akan juga menjadi solusi bangunan tersebut menjadi terawat melalui tangan penyewa.
Ada banyak cara menyewakan rumah atau property kita tersebut, bisa disewakan harian, mingguan, bulanan dan mungkin tahunan.
Untuk sewa harian dan mingguan secara otomatis diperlukan keterlibatan kita atau pemilik secara langsung untuk perawatan, sedangkan sewa bulanan dan tahunan, lebih banyak diserahkan pada penyewa.
Focus pada sewa harian dan mingguan, pemilik property wajib menyiapkan property/rumahnya dengan siap khususnya pada fasilitas kamar dengan sebaik mungkin. Keindahan dari sisi interior kamar serta kerapihan dan kebersihannya menjadi syarat guna menarik penyewa menjadi betah. Fasilitas lain seperti dapur lengkap dengan kompor dan peralatan masak, kulkas dan peralatan lain bisa juga untuk menambah fasilitas pelayanan lebih baik lagi.
Kamar tidur lengkap dengan AC atau kipas angin, susunan penataan tempat tidur dibuat ala hotel dengan warna-warna cerah ataupun putih. Tv sebagai sarana hiburan dilengkapi dengan channel tv yang cukup banyak, lokasi yang mudah dijangkau merupakan syarat mudahnya pemasaran rumah sewa harian anda.
Lantas gimana jika property agak kedalam? Ataupun didalam komplek perumahan? Jauh dari jalan raya umum?
Dalam hal ini anda bisa menyediakan transportasi yang akan menjemput dan mengantar tamu kemana pun tujuan tamu, karena itu bekerja sama dengan usaha transportasi sangat penting bagi usaha rumah sewaan anda. Ada ojek pangkalan, ada gojek, ada taksi on call, bahkan mungkin angkot.
Setiap tamu yang menggunakan fasilitas tersebut sebaiknya anda gratiskan dimana anda yang membayar biaya transportasi tersebut terlebih dahulu ( itu salah satu triknya ) dan setiap taksi, gojek, ojek pangkalan yang mengantar tamu anda beri tips atau fee, jadi selain membayarkan tamu untuk transportasi gratis juga ngasih tips… duh apa gak rugi?? Jelas gak… ini bagian dari bisnis sewaan anda dan mereka adalah partner anda yang secara biaya pemasaran jika diperhitungkan sebenarnya sangatlah murah.
Dirumah sewaan anda dimana agar pelayanan menjadi lebih baik, anda wajib menyediakan pekerja yang akan mengurus, mengontrol, operasional dan kebersihan property termasuk kamar tamu yang menginap. Sebagai housekeeping, pekerja tersebut akan setiap hari melakukan perawatan,membersihkan, menawarkan bantuan kepada anda dan tamu yang menginap agar pelayanan tersedia dan tamu tidak merasa sendiri atau ditinggal saat menginap di property anda.
Berikut adalah perkiraan pendapatan anda untuk rumah sewaan harian dengan harga minimal misalnya Rp. 150.000,-/hari.
Jika kamar yang tersedia sebanyak 3 kamar dan dihuni dalam sebulan minimal 15 hari,  maka ;
Pendapatan Rp. 150.000,- x 3        = Rp. 450.000,-/hari
Tersewa 15 hari x Rp. 450.000,-   = Rp. 6.750.000,-/bulan.
Biaya operasional lebih kurang      = Rp. 3.000.000,-
Pendapatan anda                             = Rp. 3.750.000,-

Dengan penghasilan itu anggaplah anda sudah merawat  rumah anda dari pada kosong tidak terawat, kondisi tersebut akan lebih baik karena juga mendatangkan penghasilan.
Selain kamar anda pun dapat melakukan atau mendatangkan penghasilan dari fasilitas lain dalam bisnis ini seperti penyediaan sarapan pagi, makan siang dan makan malam bagi tamu dengan harga tertentu, fasilitas cuci/laundry, transportasi pengantaran tamu, penjualan obat-obatan dan lain-lain.
Masih bingung? Mungkin saya bisa menjadi teman diskusi anda untuk merehab property anda.